Senin, 21 Juni 2021

Tes Tarik (Pull Out Test) Chemical Anchor

Tes Tarik Anchor
Tes Tarik Anchor

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya dalam postingan Chemical Anchor adalah pemasangan anchor (angkur) dengan menggunakan bahan kimia sebagai perekat untuk merekatkan dua media yaitu anchor dan media seperti beton guna menambah kekuatan sehingga anchor yang terpasang menjadi lebih kuat untuk menahan beban dibandingkan dengan anchor yag dipasang tanpa menggunakan bahan kimia chemical. Pemasangan anchor menggunakan chemical biasa digunakan untuk pemasangan WF (Wide Flange), H-Beam dalam pembangunan konstruksi baja untuk membuat sebuah balok, kolom, tiang pancang, kanti liverkanopi dan benda sejenis lainnya yang dimaksudkan untuk menahan beban tinggi, Berbicara mengenai kekuatan chemical anchor atau kekuatan anchor yang dipasang menggunakan chemical, hal ini bisa dibuktikan dengan melakukan Tes Tarik (Pull Out Test) Chemical Anchor yang terpasang.


Apa itu Tes Tarik?

sebelum mengetahui Tes Tarik (Pull Out Test) Chemical Anchor ada baiknya kita ketahui terlebih dahuku apa itu tes tarik atau uji tarik?. Setiap material atau bahan memiliki sifat (kekerasan, kelenturan, dll) yang berbeda-beda. Untuk mengetahui sifat dari suatu material maka diperlukan suatu pengujian, salah satu pengujian yang paling sering dilakukan yaitu Tes Tarik (tensile test). Arti dari tes tarik sendiri adalah mengacu pada hasil yang keluar dari pengujian suatu material dengan cara menariknya hingga pada titik dimana material tersebut mengalami tegangan dan regangan maksimum hingga patah atau putus. Tujuan Tes Tarik adalah untuk mengetahui kemampuan ketahanan dalam tarikan pada suatu tingkatan daya tertentu (Joseph R. Davis, 2004). Sifat-sifat yang didapat dari pengujian material akan berbeda apabila jenis material yang diuji berbeda. Sifat material dapat berupa elastic, plastic-elastic, plastic, hyperelastic, visco elastic, dan viscoplastic (Feri Dwi, 2014).

Terdapat beberapa spesimen pada tes tarik. tes Tarik (Tensile Test) adalah suatu metode yang digunakan untuk menguji kekuatan (Tensile Strength) suatu material/bahan dengan cara memberikan beban (gaya statis) yang sesumbu dan diberikan secara lambat atau cepat. Diperoleh hasil sifat mekanik dari pengujian ini berupa kekuatan dan elastisitas dari material/bahan.

Nilai kekuatan dan elastisitas dari material yang di tes dapat dilihat dari kurva hasil tes tarik. Selain kekuatan dan elastisitas, sifat lain yang dapat diketahui adalah sebagai berikut :

  • Kekuatan luluh dari material.
  • Keuletan dari material.
  • Kelentingan dari suatu material

Pengujian dilakukan dengan tujuan untuk melengkapi informasi rancangan dasar kekuatan suatu material/bahan dan juga sebagai referensi pendukung untuk spesifikasi material/bahan. Kekuatan ini ada beberapa macam, tergantung pada jenis beban yang bekerja, yaitu kekuatan tarik, kekuatan geser, kekuatan tekan kekuatan torsi dan kekuatan lengkung.


Tes Tarik (Pull Out Test) Chemical Anchor

Chemical Anchor Indonesia melayani jasa Tes Tarik (Pull Out Test) Chemical Anchor yang dipasang dengan menggunakan chemical Hilti, Chemical Fischer, Chemical Ramset dan Chemical Mason. Diantara produk chemical dari Hilti adalah chemical Hilti HIT RE 500 V3 yang merupakan salah satu produk chemical dari HILTI yang terbaik di kelasnya karena mampu menahan beban yang tinggi hal ini dapat dibuktikan dengan melakukan Tes Tarik (Pull Out Test) Chemical Anchor, dapat digunakan untuk berbagai macam diamater dan kedalaman lubang yang bervariasi. Chemical ini bisa digunakan untuk anchor yang kemudian akan digunakan untuk pemasangan base plate, WF, H-Beam, UNP dan lainnya.

Adapun keuntungan pemasangan anchor (angkur) menggunakan chemical HILTI HIT RE 500 V3 diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Memiliki kemampuan menahan beban yang tinggi.
  • Bisa diaplikasikan pada beton retak (cracked) dan tidak retak (noncracked).
  • Memiliki lekatan yang tinggi dalam segala kondisi.
  • Mempunyai sensitivitas rendah terhadap lubang besar.
  • Dapat digunakan untuk berbagai diameter lubang.
  • Dapat digunakan pada beton basah ataupun kering .
  • Curing time 50% lebih cepat.
  • Memiliki approval seismic (gempa) atau tahan terhadap getaran.
  • Mempermudah dan menghemat waktu dibandingkan dengan sistem bobok beton.

Berikut adalah data beban Tes Tarik (Pull Out Test) Chemical Anchor (Data Sheet) yang direkomendasikan dengan menggunakan chemical HILTI HIT RE 500 V3 yang dipasang pada jenis Beton Retak (Cracked) dan Beton Tidak Retak (NonCracked):

Beton / Diameter

M8

M10

M12

M16

M20

M24

Beton Tidak Retak

0,89 ton

1,4 ton

2 ton

3,4 ton

5,4 ton

7,4 ton

Beton Retak

0,63 ton

1 ton

1,6 ton

2,4 ton

3,8 ton

5,2 ton

Berikut adalah beberapa proses Tes Tarik (Pull Out Test) Chemical Anchor yang dipasang menggunakan chemical HILTI HIT RE 500 v3 :

Proses Tes Tarik Anchor
Proses Tes Tarik (Pull Out Test) Chemical Anchor


Proses Tes Tarik Anchor
Proses Tes Tarik (Pull Out Test) Chemical Anchor

Kami menyediakan jasa  Tes Tarik (Pull Out Test) Chemical Anchor dengan diameter M12, M16, M20 dan M24. Berikut adalah hasil Tes Tarik (Pull Out Test) Chemical Anchor beberapa Anchor yang dipasang dengan menggunakan Chemical HILTI HIT RE 500 V3 yaitu Anchor M12, M16, M20 dan M24:

  • Hasil Tes Tarik (Pull Out Test) Chemical Anchor M12 x 160 mm yang terpasang dengan kedalaman 110 mm menggunakan Chemical Hilti HIT RE 500 V3 kekuatan beban tarik didapatkan sebesar 2 ton.
  • Hasil tTes Tarik (Pull Out Test) Chemical Anchor M16 x 190 mm yang terpasang dengan kedalaman 125 mm menggunakan Chemical Hilti HIT RE 500 V3 kekuatan beban tarik didapatkan sebesar 3.4 ton
  • Hasil Tes Tarik (Pull Out Test) Chemical Anchor M20 x 260 mm yang terpasang dengan kedalaman 170 mm menggunakan Chemical Hilti HIT RE 500 V3 kekuatan beban tarik didapatkan sebesar 5.4 ton.
  • Hasil Tes Tarik (Pull Out Test) Chemical Anchor M24 x 300 mm yang terpasang dengan kedalaman 210 mm menggunakan Chemical Hilti HIT RE 500 V3 kekuatan beban tarik didapatkan sebesar 7.4 ton.

Untuk informasi mengenai jasa Tes Tarik (Pull Out Test) Chemical Anchor dan jasa pasang anchor dengan menggunakan chemical berbagai macam diameter mulai dari diameter M8, M10, M12, M16, M20, M24, M30 dan seterusnya dapat langsung menghubungi


08138003 0515

Angkurindo@gmail.com

0 Comments:

Posting Komentar

Portofolio










Kontak

Whatsapp / Telepon:

+62 813-8003-0515 Klik Disini

Cari Disini