Senin, 28 Juni 2021

Chemset Hilti

 

Sebelum masuk pada pembahasan mengenai Chemset Hilti baiknya kita mengetahui apa itu chemset? dan apa itu Hilti? berikut adalah penjelasan mengenai chemset Hilti.

Chemset atau juga chemical anchor system merupakan metode untuk menambahkan anchor pada beton ataupun besi rebar pada kolom yang sudah dicor untuk pembuatan balokan bordes, hal ini sangat beralasan mengingat proses pelaksanaan pembesian pada kolom menjadi lebih cepat, efisien dan aman. Kegunaan metode Chemical Anchoring Systems (Chemset) adalah untuk pemasangan anchor guna pekerjaan pemasanagan WF (Wide Flange), H-Beam dalam pembangunan konstruksi baja untuk membuat sebuah balok, kolom, tiang pancang, kanti liverkanopi dan benda sejenis lainnya yang dimaksudkan untuk menahan beban tinggi, dan biasanya digunakan pada pada pabrik, Gedung, jembatan, dan lain – lainnya.  Sementara chemset untuk pemasngan besi rebar / besi beton pada beton apabila terjadi penambahan beton lama ke beton baru, perubahan desain , besi beton tertinggal atau terpaksa ditinggal dengan alasan kemudahan pekerjaan,

Apa Itu Chemset Hilti?

Chemset Hilti adalah metode pemasangan anchor dengan menggunakan chemical dalam hal ini anchor dan chemical yang digunakan adalah produk dari hilti. Hilti merupakan perusahaan yang sudah mendunia dalam menyediakan semua kebutuhan untuk dunia konstruksi seperti anchor dan chemical yang telah digunakan di berbagai negara. Produk yang dikeluarkan Hilti merupakan produk dengan kualitas mumpuni, dibuat dengan material terbaik sehingga menghasilkan fungsi, kekuatan yang sangat bagus. Pada chemset hilti komponen utamanya adalah anchor, besi rebar dan chemical, berikut adalah  beberapa anchor Hilti untuk pengaplikasian chemset hilti :

Anchor HILTI HIT-C Grade 8.8

 

salah satu anchor yang dipakai dalam chemset hilti adalah Anchor Hilti HIT-C Grade 8.8. Anchor HILTI HIT-C Grade 8.8 adalah anchor yang dapat digunakan bersama dengan chemical pada beton retak maupun tidak retak. Anchor HILTI HIT-C Grade 8.8 tersedia dengan berbagai ukuran mulai dari M8, M10, M12, M16, M20 dan M24.

Anchor HILTI HAS-U Grade 5.8

 

Selain itu ada Anchor HILTI HAS-U Grade 5.8 yang biasa digunakan dalam chemset Hilti. Anchor HILTI HAS-U Grade 5.8 terbuat dari material Carbon steel, zinc-plated dan tersedia dalam berbagai ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda mulai dari M8, M10, M12, M16, M20 dan M24. Anchor HILTI HAS-U dapat dipasang pada beton yang Tidak Retak maupun retak dengan menggunakan Chemical produk HILTI.

 

Selain anchor dalam chemset Hilti komponen selanjutnya adalah chemical atau bahan kimia perekat. Chemical berasal dari bahasa inggris yaitu artinya kimia atau kimiawi yg pengertiannya yaitu KIMIA adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai komposisi,struktur dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul,serta perubahan atau transformasi serta interaksi untuk membentuk materi yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Hilti mengeluarkan produk Chemical yang dapat digunakan untuk pemasangan anchor maupun besi rebar yang akan membuat anchor atau besi rebar yang terpasang menjadi lebih kuat dalam menahan beban yang berat. Berikut adalah beberapa chemical yang digunakan dalam chemset Hilti :

Chemical HILTI HIT RE 500 V3

 

Chemical Hilti HIT RE 500 V3 merupakan chemical merk Hilti yang bisa digunakan untuk metode chemset hilti pada pemasangan anchor dan besi rebar.  Chemical varian HILTI HIT RE 500 V3 ini memiliki warna merah muda dan terbukti dengan daya lekat yang tinggi . berikut adalah keunggulan dari chemical HILTI HIT Re 500 V3 :

Highlights

  • Curing Time 50% lebih cepat.
  • Sensitivitas yang rendah terhadap lingkungan.
  • Peningkatan keamanan pada lubang bor maupun lubang coring.
  • Memiliki kekuatan lekatan yang tinggi dalam segala kondisi (+60% dibandingkan dengan HIT RE 500 SD).
  • Dapat dikobinasikan dengan tes di lapangan untuk pengangkuran pada mutu base material yang tidak diketahui.

Keuntungan

  • International code & approval terkini (ETA, ICC-ES,dll).
  • Cepat dan desain yang dapat diandalkan dengan software HILTI Profis terbaru.
  • Cocok untuk beton cracked dan uncracked.
  • Kedalaman lubang yang bervariasi.
  • Cocok untuk lubang basah dan pekat.

Berikut adalah Data Sheet atau tabel beban untuk pemasangan anchor yang menggunakan Chemical HILTI HIT RE 500 V3 yang digunakan dalam Chemset Hilti:

Berikut adalah DataSheet atau tabel beban untuk pemasangan besi rebar yang menggunakan Chemical HILTI HIT RE 500 yang digunakan dalam Chemset hilti:



Chemical HILTI HIT RE 100

 

Chemical HILTI HIT RE 100 juga merupakan chemical produk Hilti yang digunakan dalam metode chemset hilti yang memiliki beberapa keunggulan. dalam chemset Hilti Chemical ini dapat diaplikasikan untuk pemasangan anchor dan besi rebar pada beton retak maupun beton tidak retak.

Chemical ini dapat diaplikasikan pada Chemset Hilti sebagai berikut :

  • Sambungan Struktur dengan rebar terlebih dahulu (Contoh pemanjangan/sambungan ke dinding, lempeng, tangga, kolom fondasi dan lainnya)
  • Cocok untuk penggunaan dengan elemen berdiameter besar,dan kedalaman pembenaman yang dalam.
  • Tidak ada ekspansi dalam beton menghasilkan penguncian yang aman walaupun mendekati ujung dan/atau dengan jarak yang dekat.
  • Kemasan foil unik dan kecocokan sistem injeksi HIT Hilti membuat penanganan sangat mudah.
  • Kemasan foil untuk meminimalkan biaya pembuangan oleh karena sampah lebih sedikit
  • Bekerja seperrti pengecoran dengan rebar pasca pemasangan.

Chemical HILTI HIT RE 100 yang digunakan dalam chemset Hilti ini dapat diaplikasikan pada beton kering, terendam, atau basah.

 

 Chemical HILTI HIT HY 200 R

 

Chemical HILTI HIT HY 200 R adalah chemical produk hilti yang bisa digunakan pada beton retak dan beton tidak retak, memiliki daya lekat tinggi serta dapat diaplikasikan untuk chemset hilti pada pemasangan anchor dan besi rebar.

Dalam Chemset hilti chemical ini dapat diaplikasikan sebagai berikut:

  • Angkur structural sambungan besi (contoh kolom , pasak besi).
  • Renovasi structural/peningkatan dengan rebar pasca pemasangan.
  • Angkur railing/pagar pengaman
  • Angkur sekunder struktur besi (contoh tangga ,buku besar,besi)
  • Pengganti rebar salah tempat / hilang
  • Sambungan structural dengan rebar pasca-pemasangan

Adapun keunggulan dari chemical HILTI HIT HY 200 untuk Chemset Hilti adalah sebagai berikut :

  • Pembersihan lubang tidak diperlukan dengan revolusi  batang angkur baru HIT-Z
  • Optimasi waktu untuk pemasangan rebar dan untuk pengunaan angkur dalam.
  • Cocok untuk penggunaan di beton cracked dan non-cracked dengan seluruh batang dan rebar angkur.
  • Beban tertinggi yang disetujui berdasarkan standar internasional terakhir.
  • Bekerja seperti pengecoran dengan rebar pasca-pemasangan

Chemset Hilti pada pemasangan anchor dan besi rebar menggunakan chemical HILTI HIT RE 500 V3, HILTI HIT RE 100 dan HILTI HIT HY 200.

Berikut adalah proses metode chemset Hilti untuk pemasangan anchor menggunakan chemical HILTI HIT RE 500 V3, HILTI HIT RE 100 dan HILTI HIT HY 200.

  • Lakukan pengeboran pada beton sesuai dengan marking / penanda titik yang akan di bor dengan menggunakan bor dimana mata bor disesuaikan dengan diameter anchor yang terpasang. Kami Chemical Anchor Indonesia memakai mata bor dengan ukuran +2 dari diameter anchor untuk memberikan ruang sehingga chemical / lem akan bisa masuk merekatkan anchor dan beton dan memberikan kekuatan yang baik ,

         Contoh :

  • Untuk pemasangan Anchor Hilti diameter M16 dengan Panjang 190 mm maka kami menggunakan mesin bor dengan mata bor ukuran 18 mm dengan kedalaman pengeboran sedalam 125 mm sesuai dengan standar chemical yang digunakan yaitu HILTI HIT RE 500 V3, HILTI HIT RE 100 dan HILTI HIT HY 200.
  • Setelah melakukan pengeboran langkah selanjutnya adalah melakukan pembersihan pada lubang hasil pengeboran dengan cara peniupan debu menggunakan mesin blower dan penyikatan pada lubang hasil pengeboran  dengan menggunakan sikat khusus yang sesuai dengan diameter lubang hingga dipastikan tidak ada debu yang masih menempel. Dilakukan secara bergantian yaitu peniupan debu lalu penyikatan lubang kemudian diulangi sampai peniupan debu sebanyak tiga kali dan penyikatan lubang sebanyak dua kali.
  • Setelah lubang besih kemudian masukan Chemical yang akan digunakan antara lain HILTI HIT RE 500 V3, HILTI HIT RE 100 dan HILTI HIT HY 200. menggunakan Injector HILTI atau yang dikenal dispenser chemical ke dalam lubang sebanyak 2/3 dari kedalaman lubang hasil pengeboran.
  • Memasukan anchor kedalam lubang dengan cara diputar dan ditekan secara perlahan.
  • Kemudian tunggu hingga chemical kering, setelah itu anhor yang sudah terpasang dapat diberikan beban.

 

Berikut adalah proses metode chemset Hilti untuk pemasangan Besi Rebar menggunakan chemical HILTI HIT RE 500 V3, HILTI HIT RE 100 dan HILTI HIT HY 200.

  • Melakukan pengeboran sesuai marking dengan menggunakan mata bor yang disesuaikan dengan diameter besi rebar atau besi beton dan kedalaman tertanamnya.
  • Untuk mata bor kami menggunakan mata bor +2 sampai dengan +5 dari diameter besi rebar. Untuk kedalaman tertanam anchor kami menggunakan kedalaman stdnar sesuai datasheet 10D yaitu 10 x diameter besi rebar.
  • Melakukan pembersihan pada lubang hasil pengeboran dengan cara peniupan debu menggunakan mesin blower dan penyikatan pada lubang hasil pengeboran  dengan menggunakan sikat khusus yang sesuai dengan diameter lubang hingga dipastikan tidak ada debu yang masih menempel. Dilakukan secara bergantian yaitu peniupan debu lalu penyikatan lubang kemudian diulangi sampai peniupan debu sebanyak tiga kali dan penyikatan lubang sebanyak dua kali.
  • Setelah dipastikan lubang bersih Kemudian masukan chemical HILTI HIT RE 500 V3, HILTI HIT RE 100 dan HILTI HIT HY 200 sebanyak 2/3 dari kedalaman lubang.
  • Kemudian masukan besi rebar atau besi beton D13 dengan cara diputar dan ditekan secara perlahan.
  • Kemudian tunggu hingga chemical kering, setelah itu dapat diberikan beban.

Selain chemical diatas yang bisa digunakan dalam chemset hilti ada satu chemical yang juga poruk dari hilti yaitu Chemical HVU2. Pada chemset hilti menggunakan chemical HVU proses pemasangannya berbeda karena chemical ini berbentuk kapsul tidak berbentuk pasta sepetri produk chemical HILTI seri HIT. pada Chemset hilti menggunakan Chemical HVU ini berbentuk kapsul yang ukurannya sudah disesuaikan dengan kebutuhan diameter anchor yang akan dipasang. Berikut adalah gambaran dari Chemical Hilti HVU 2

Chemical HVU2


Hutama Teknik
Chemical Hilti HVU

Seperti varian Chemical HILTI HIT , chemical HVU2 yang bisa digunakan pada Chemset Hilti ini juga dapat diaplikasikan pada beton kering dan beton basah, memiliki ketahanan terhadap api, dan dapat diapliaksikan pada beton retak serta tidak retak. Selain itu chemical HVU2 dapat diaplikasikan untuk jarak tepi dan jarak antar anchor yang sangat sempit, angkur yang sempit, dapat digunakan untuk struktur baja penahan (rak, pagar, pagar pengaman, dan gerbang), sebagai angkur penahan di industry (Mesin,Elevator, crane dan peralatan industry. Untuk Chemical HVU2 ini harus disimpan dengan suhu tidak lebih dari 25 derajat celcius.

Adapun keunggulan dari Chemical HILTI HVU2 yang dipakai dalam Chemset Hilti adalah :

  • Mampu menahan beban dengan biak dan constant berkat system resin yang baru dan penggunaan quartz granules dalam jumlah yang banyak.
  • Tidak berbau dan aman digunakan
  • Cepat dan mudah dipasang
  • Waktu curing yang sangat cepat

 

Pemasangan chemset hilti menggunakan chemical HVU2 :

  • Pertama lakukan pengeboran pada beton yang sudah di marking sesuai dengan diameter dan kedalaman anchor yang akan ditanamkan pada beton.
  • Lakukan pembersihan pada lubang dengan menggunakan blower dan menyikatnya dengan sikat khusus beton agar debu yang berada di dalam lubang hasil pengeboran akan gilang dan bersih, lakukan proses ini sebanyak dua kali.
  • Masukan chemical HVU2 yang berbentuk kapsul ke dalam lubang hasilpengeboran yang sudah bersih.
  • Masukan anchor pada lubang yang sidah diisi dengan chemical HVU2
  • Tunggu hingga chemical kering dan anchor yang dipasang siap diberikan beban.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Chemset Hilti untuk pemasangan Anchor dan Chemset Hilti untuk pemasangan Besi Rebar dapat menghubungi

 

0813 8003 0515

Angkurindo@gmail.com


Baca Juga Mengenai Katalog Chemical Anchor Hilti

0 Comments:

Posting Komentar

Portofolio










Kontak

Whatsapp / Telepon:

+62 813-8003-0515 Klik Disini

Cari Disini