Rabu, 12 Januari 2022

Metode Kerja Hilti


Hilti, mungkin bagi anda yang bergerak di bidang konstruksi tentunya sudah tidak asing lagi mendengarnya, Hilti merupakan sebuah perusahaan multinasional Liechtenstein yang mengembangkan, memproduksi, dan memasarkan produk untuk industri konstruksi, pemeliharaan bangunan, energi dan manufaktur. Perusahaan ini berkonsentrasi terutama pada sistem penahan, sistem perlindungan kebakaran, sistem instalasi, alat ukur dan deteksi (seperti tingkat laser, range meter dan laser garis), alat-alat listrik (seperti bor palu, palu pembongkaran, bor berlian, bor listrik tanpa kabel, berat bor sudut, gergaji listrik) dan perangkat lunak serta layanan terkait.


Salah satu produk Hilti yang banyak digunakan di dunia konstruksi Indonesia adalah anchor Hilti dan chemical Hilti. Anchor dan chemical ini merupakan komponen yang digunakan dalam metode chemical anchor yaitu pemasangan angkur (anchor) dan besi rebar menggunakan chemical.


Metode chemical anchor adalah metode yang cepat, kuat dan dengan harga yang bersahabat, biasanya metode ini banyak digunakan untuk perkuatan struktur, penambahan fungsi dari suatu gedung, bahkan digunakan dalam proses pembangunan gedung dari awal. Metode chemical anchor untuk angkur (anchor) dengan tujuan pemasangan Wide Flange (WF), H-Beam, Kanopi, dudukan mesin dan lainnya. sementara metode chemical anchor untuk besi rebar dapat digunakan untuk penyambungan beton lama ke beton baru, perkuatan struktur, penambahan stek tulangan tertinggal, penambahan kolom, penambahan sloot dan lainnya.


Bagaimana metode kerja Hilti?

Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas metode kerja hilti pada chemical anchor untuk pemasangan angkur (anchor) dan besi rebar.


Metode kerja Hilti untuk pemasangan angkur (anchor)

Dalam metode chemical anchor komponen utama yang digunakan adalah angkur (anchor) dan chemical. apa itu angkur (anchor)? dan Apa itu chemical?


Angkur (Anchor)

Angkur (anchor) adalah sebuah benda yang dapat menyambungkan satu media ke media lain, dalam metode chemical anchor, angkur ini ditanamkan pada media beton seperti dinding beton atau lantai beton.  


Chemical

Chemical adalah bahan kimia perekat yang dapat merekatkan angkur pada media beton. Chemical yang digunakan adalah chemical Hilti HIT RE 500 V3. Chemical ini merupakan salah satu chemical produksi Hilti yang memiliki daya lekat serta kekuatan yang bagus dan cocok untuk pemasangan angkur (anchor), berikut adalah keunggulan dari chemical Hilti HIT RE 500 V3 :

  • Memiliki kemampuan menahan beban yang tinggi.
  • Bisa diaplikasikan pada beton retak (cracked) dan tidak retak (non cracked).
  • Memiliki lekatan yang tinggi dalam segala kondisi.
  • Mempunyai sensitivitas rendah terhadap lubang besar.
  • Dapat digunakan untuk berbagai diameter lubang.
  • Dapat digunakan pada beton basah ataupun kering .
  • Curing time 50% lebih cepat.
  • Memiliki approval seismic (gempa) atau tahan terhadap getaran.
  • Mempermudah dan menghemat waktu dibandingkan dengan sistem bobok beton.
  • Metode kerja Hilti / cara instalasi

Adapaun metode kerja/ proses instalasinya sebagai berikut :

  • Listrik dan kabel roll

Listrik dan kabel roll dibutuhkan untuk menggunakan mesin bor dan mesin blower.


  • Mesin Bor

Mesin bor yang digunakan adalah mesin bor yang dapat melubangi beton, memiliki performa yang bagus Ketika dipakai supaya hasil dari pemasangan angkur (anchor) rapi dan bagus

Diameter Angkur (anchor)

Mata Bor Yang Digunakan

M8

10 mm

M10

12 mm

M12

14 mm

M16

18 mm

M20

22 mm

M24

26 mm

  • Mata bor

Penggunaan mata bor dapat disesuaikan dengan angkur (anchor) yang akan dipasang, kami menggunakan mata bor +2 untuk pemasangan angkur karena harus ada ruang untuk lem agar dapat merekatkan angkur dengan sempurna pada beton.

Adapun penggunaan mata bor yang biasa kami gunakan


  • Sikat Beton

Sikat beton ini akan digunakan untuk membersihkan debu pada lubang hasil pengeboran, sikat yang digunakan bisa disesuaikan dengan diameter lubang agar sikat bisa masuk dengan pas pada lubang hasil pengeboran sehingga bersih dari debu.


  • Blower

Mesin blower adalah mesin yang digunakan untuk meniupkan udara sehingga debu yang menempel pada lubang ahsil pengeboran akan hilang.


  • Injector Hilti HDM 500

Injector Hilti HDM 500 atau yang dikenal Dispenser Hilti HDM 500, gun Hilti, alat tembak Hilti adalah alat yang digunakan untuk menginjeksikan chemical Hilti HIT RE 500 V3, injector ini memungkinkan penggunaan chemical Hilti HIT RE 500 V3 pada lubang dengan berbagai diameter dan kedalaman.


  • Angkur (anchor)

Angkur yang biasa digunakan adalah angkur dengan diameter M8, M10, M12, M16, M20 dan M24. Akan tetapi anda dapat menggunakan angkur diameter lebih besar sesuai dengan kebutuhan anda.


  • Chemical

Chemical yang direkomendasikan adalah chemical Hilti HIT RE 500 V3

 

Cara instalasi :

1. Pengeboran

Melakukan pengeboran pada media beton yang sudah di marking atau ditandai titik yang akan di bor. Pengeboran menggunakan mesin bor dengan mata bor yang disesuaikan terhadapt diameter angkur yang akan dipakai. Kemudian yang harus diperhatikan adalah kedalaman tertanam angkur karena kedalaman juga mempengaruhi , adapun kedalaman standar pemasangan chemical anchor adalah sebagai berikut :

Diameter Angkur (anchor)

Mata Bor Yang Digunakan

Kedalaman Standar

M8

10 mm

80 mm

M10

12 mm

90 mm

M12

14 mm

110 mm

M16

18 mm

125 mm

M20

22 mm

170 mm

M24

26 mm

210 mm

2. Pembersihan lubang hasil pengeboran

Lubang hasil pengeboran harusla bersih agar chemical adapat melekat sempurna pada beton, untuk itu diperlukan pembersihan menggunakan sikat beton dan mesin blower dengan tahapan sebagai berikut :

  • Lakukan peniupan debu dengan blower
  • Lakukan penyikatan menggunakan sikat beton
  • Lakukan peniupan debu dengan blower
  • Lakukan penyikatan menggunakan sikat beton
  • Lakukan peniupan debu dengan blower

3. Injeksi chemical

Setelah lubang bersih maka selanjutnya adalah injeksikan chemical Hilti HIT RE 500 V3 pada lubang sebangak 2/3 dari kedalaman lubang hasil pengeboran.


4. Pemasangan angkur

Masukan angkur (anchor) pada lubang hasil pengeboran yang sudah berisi chemical dengan cara memutar dan menekan secara perlahan sehingga angkur masuk dan dasar angkur (anchor) menyentuh lubang hasil pengeboran.


5. Pengeringan

Biarkan chemical kering setelah kering baru bisa dilakukan pembebanan. Proses pengeringan normalnya 4 jam pada suhu 40 derajat celcius.

Berikut adalah video metode kerja Hilti untuk pemasangan angkur :


Metode kerja Hilti yang benar dapat membuat angkur yang terpasang menggunakan chemical memiliki kekuatan yang tinggi dalam menahan beban yang berat, data dibawah adalah data kekuatan beban tarik dari angkur yang terpasang menggunakan chemical Hilti HIT RE 500 V3 :

Beton / Diameter

M8

M10

M12

M16

M20

M24

Beton Tidak Retak

0,89 ton

1,4 ton

2 ton

3,4 ton

5,4 ton

7,4 ton

Beton Retak

0,63 ton

1 ton

1,6 ton

2,4 ton

3,8 ton

5,2 ton

Adapun untuk membuktikan kekuatan beban tarik dapat menggunakan jasa Uji Tarik (Pull Out test) untuk anchor yang dipasang menggunakan chemical.

 

Metode kerja Hilti untuk pemasangan besi rebar (besi beton, besi ulir, besi tulangan)

Metode chemical anchor juga dapat digunakan untuk pemasangan besi rebar atau yang dikenal dengan besi ulir, besi beton, besi stek dan besi tulangan. Besi rebar merupakan baja yang memiliki bentuk panjang dengan penampang melingkar yang biasa digunakan untuk penulangan beton.

Metode kerja Hilti untuk pemasangan besi rebar hampir sama dengan pemasangan angkur yang membedakannya terletak pada diameter lubang dan kedalaman serta besi yang digunakan.

Apa saja yang dibutuhkan ? berikut adalah material dan peralatan yang dibutuhkan dalam metode kerja Hilti untuk pemasangan besi rebar menggunakan chemical :

  • Listrik dan kabel roll
  • Mesin Bor
  • Sikat Beton
  • Blower
  • Injector Hilti HDM 500
  • Besi Rebar
  • Chemical Hilti HIT RE 500 V3


1. Pengeboran

Melakukan pengeboran pada media beton yang sudah di marking atau ditandai titik yang akan di bor. Pengeboran menggunakan mesin bor dengan mata bor dan kedalaman yang disesuaikan terhadap diameter besi rebar. Untuk kedalaman standar pemasangan besi rebar menggunakan chemical digunakan rumus 10D atau 10 x diameter besi rebar. Berikut adalah data dari mata bor dan kedalaman penanaman besi rebar berdasarkan diameter besi rebar :

Diameter Besi Rebar

Mata Bor Yang Digunakan

Kedalaman Standar

D8

12 mm

80 mm

D10

12 mm

100 mm

D12

16 mm

120 mm

D13

16 mm

130 mm

D16

20 mm

160 mm

D19

24 mm

190 mm

D22

25 mm

220 mm

D25

30 mm

250 mm


2. Pembersihan lubang hasil pengeboran

Lubang hasil pengeboran harusla bersih agar chemical adapat melekat sempurna pada beton, untuk itu diperlukan [embersihan menggunakan sikat beton dan mesin blower dengan tahapan sebagai berikut :

  • Lakukan peniupan debu dengan blower
  • Lakukan penyikatan menggunakan sikat beton
  • Lakukan peniupan debu dengan blower
  • Lakukan penyikatan menggunakan sikat beton
  • Lakukan peniupan debu dengan blower

3. Injeksi chemical

Setelah lubang bersih maka selanjutnya adalah injeksikan chemical Hilti HIT RE 500 V3 pada lubang sebangak 2/3 dari kedalaman lubang hasil pengeboran.


4. Pemasangan Besi Rebar

Masukan besi rebar pada lubang hasil pengeboran yang sudah berisi chemical dengan cara memutar dan menekan secara perlahan sehingga besi rebar masuk dan menyentuh dasar lubang hasil pengeboran.


5. Pengeringan

Biarkan chemical kering setelah kering baru bisa dilakukan pembebanan. Proses pengeringan normalnya 4 jam pada suhu 40 derajat celcius.

Untuk kekuatan beban tarik yang dihasilkan dari pemasnagan besi rebar menggunakan chemical Hilti HIT RE 500 V3 adalah sebagai berikut :

Diameter Besi Rebar (mm)

Kedalaman tertanam (mm)

100

130

160

190

220

250

D10

1,9 ton

 

 

 

 

 

D13

 

3,2 ton

 

 

 

 

D16

 

 

4,8 ton

 

 

 

D19

 

 

 

6,8 ton

 

 

D22

 

 

 

 

8,5 ton

 

D25

 

 

 

 

 

9,9 ton

 

Untuk membuktikan kekuatan dari besi rebar yang dipasang menggunakan chemical dapat dilakukan Uji Tarik (Pull Out Test) Besi Rebar.

Berikut adalah video metode kerja Hilti untuk pemasangan besi rebar:


Anda bisa mendapatkan aplikator chemical anchor yang menerapkan metode kerja Hilti baik dari peralatan dan material yang digunakan dengan menghubungi kami, karena kami adalah aplikator chemical anchor yang menyediakan jasa pemasangan angkur dan besi rebar terbaik menggunakan chemical Hilti HIT RE 500 V3.


Kami menggunakan peralatan dan material dari perusahaan Hilti, dikerjakan oleh tim yang sangat berpengalaman dalam bidang pemasangan angkur dan besi rebar menggunakan chemical Hilti selama bertahun-tahun di berbagai kota di seluruh Indonesia sehingga anda tidak perlu lagi dengan pelayanan kami.


Segera hubungi kami untuk mendapatkan pelayanan jasa pasang angkur diameter M8, M10, M12, M16, M20. M24 dan pemasangan besi rebar diameter D8, D10, D12, D13, D16, D19, D22 dan D25 menggunakan chemical Hilti HIT RE 500 V3 melalui telpon atau whatsapp pada nomor

0813 8003 0515

0 Comments:

Posting Komentar

Portofolio










Kontak

Whatsapp / Telepon:

+62 813-8003-0515 Klik Disini

Cari Disini