Jumat, 18 Juni 2021

Pemasangan Chemical Anchor

Chemical Anchor adalah pemasangan anchor baik anchor dan besi rebar dengan menggunakan bahan kimia (Chemical) sebagai perekatnya. Bahan kimia perekat ini berfungsi merekatkan anchor atau besi rebar ke media beton sehingga anchor yang terpasang pada beton memiliki kekuatan untuk menahan beban yang berat. Pemasangan anchor menggunakan chemical biasanya dilakukan untuk anchor yang akan digunakan untuk pemasangan WF (Wide Flange), H-Bea dalam pembangunan konstruksi baja untuk membuat sebuah balok, kolom,tiang pancang dan benda sejenis lainnya yang dimaksudkan untuk menahan beban tinggi. Biasanya proyek ini dikerjakan dan diaplikasikan pada pabrik, Gedung, jembatan dan lain lain.

Mengapa pemasangan chemical anchor dan besi rebar menggunakan chemical banyak digunakan? selain proses pengerjaannya yang cepat, pemasangan chemical anchor juga tergolong mudah dan tidak memakan waktu yang lama, harga pemasangan chemical anchor  pun cukup terjangkau. Dalam pemasangan chemical anchor dan besi rebar menggunakan chemical terdapat beberapa merk chemical yang dapat diaplikasikan. Chemical Anchor Indonesia melayani pemasangan Anchor dan Besi Rebar menggunakan chemical HILTI HIT RE 500 V3, Chemical Ramset Epcon G5, Chemical Fischer FIS EM 585 S, Chemical Fischer 360 S dan Chemical Mason MCA PE-3.

Lalu bagaimana caranya untuk pemasangan chemical anchor atau besi rebar? berikut adalah cara pemasangan chemical anchor anchor dan besi rebar pada beton :


Chemical HILTI HIT RE 500 v3

Chemical HILTI HIT RE 500 V3 merupakan Chemical produk hilti terbaik dikelasnya yang digunakan dalam pemasangan chemical anchor, chemical ini mempunyai daya lekat yang kuat, curing time lebih cepat dan dapat diaplikasikan dalam beton retak dan tidak retak serta beton basah dan pekat. Berikut adalah keuntungan dari Chemical HILTI HIT RE 500 v3 :

Highlights

  • Curing Time 50% lebih cepat.
  • Sensitivitas yang rendah terhadap lingkungan.
  • Peningkatan keamanan pada lubang bor maupun lubang coring.
  • Memiliki kekuatan lekatan yang tinggi dalam segala kondisi (+60% dibandingkan dengan HIT RE 500 SD).
  • Dapat dikobinasikan dengan tes di lapangan untuk pengangkuran pada mutu base material yang tidak diketahui.

Keuntungan

  • International code & approval terkini (ETA, ICC-ES,dll).
  • Cepat dan desain yang dapat diandalkan dengan software HILTI Profis terbaru.
  • Cocok untuk beton cracked dan uncracked.
  • Kedalaman lubang yang bervariasi.
  • Cocok untuk lubang basah dan pekat.

Pemasangan Chemical Anchor Menggunakan Chemical HILTI HIT RE 500 V3.

  • Lakukan pengeboran pada beton sesuai dengan marking / penanda titik yang akan di bor dengan menggunakan bor dimana mata bor disesuaikan dengan diameter anchor yang terpasang. Kami Chemical Anchor Indonesia memakai mata bor dengan ukuran +2 dari diameter anchor dalam pemasangan chemical anchor hal ini bertujuan untuk  memberikan ruang sehingga chemical / lem  akan bisa masuk merekatkan anchor dan beton dan memberikan kekuatan yang baik ,

Diameter Anchor

Diameter Mata Bor

Kedalaman Anchor Terpasang

M8 x 110 mm

10 mm

80 mm

M10 x 130 mm

12 mm

90 mm

M12 x 160 mm

14 mm

110 mm

M16 x 190 mm

18 mm

125 mm

M20 x 260 mm

22 mm

170 mm

M24 x 300 mm

26 mm

210 mm

  • Untuk pemasangan Chemical Anchor Standar diameter M16 dengan Panjang 190 mm maka kami menggunakan mesin bor dengan mata bor ukuran 18 mm dengan kedalaman pengeboran sedalam 125 mm sesuai dengan standar chemical HILTI HIT RE 500 V3.
  • Setelah melakukan pengeboran Langkah selanjutnya adalah Melakukan pembersihan pada lubang hasil pengeboran dengan cara peniupan debu menggunakan mesin blower dan penyikatan pada lubang hasil pengeboran  dengan menggunakan sikat khusus yang sesuai dengan diameter lubang hingga dipastikan tidak ada debu yang masih menempel. Dilakukan secara bergantian yaitu peniupan debu lalu penyikatan lubang kemudian diulangi sampai peniupan debu sebanyak tiga kali dan penyikatan lubang sebanyak dua kali. hal ini sangat penting dalam pemasangan chemical anchor agar lem dan anchor dapat melekat dengan sempurna pada beton.
  • Setelah lubang besih kemudian masukan Chemical HILTI HIT RE 500 V3 menggunakan Injector HILTI HDM500 ke dalam lubang sebanyak 2/3 dari kedalaman lubang hasil pengeboran.
  • Memasukan anchor kedalam lubang dengan cara diputar dan ditekan secara perlahan.
  • Kemudian tunggu hingga chemical kering, setelah itu dapat diberikan beban.

Pemasangan Besi Rebar Menggunakan Chemical HILTI HIT RE 500 V3.

  • Melakukan pengeboran sesuai marking dengan menggunakan mata bor yang disesuaikan dengan diameter besi rebar atau besi beton dan kedalaman tertanamnya.
  • Untuk mata bor kami menggunakan mata bor +2 dari diameter besi rebar dalam pemasangan chemical anchor hal ini bertujuan untuk  memberikan ruang Untuk kedalaman tertanam anchor kami menggunakan kedalaman stdnar sesuai datasheet 10D yaitu 10 x diameter besi rebar. Berikut adalah tabel diameter besi rebar, mata bor yang digunakan, dan kedalaman tertanamnya besi rebar pada beton.

Diameter Besi Rebar

Diameter Mata Bor

Kedalaman Anchor Terpasang

D8

12 mm

80 mm

D10

12 mm

100 mm

D12

16 mm

120 mm

D13

16 mm

130 mm

D16

20 mm

160 mm

D19

24 mm

190 mm

D22

26 mm

220 mm

D25

30 mm

     250 mm

  • Melakukan pembersihan pada lubang hasil pengeboran dengan cara peniupan debu menggunakan mesin blower dan penyikatan pada lubang hasil pengeboran  dengan menggunakan sikat khusus yang sesuai dengan diameter lubang hingga dipastikan tidak ada debu yang masih menempel. Dilakukan secara bergantian yaitu peniupan debu lalu penyikatan lubang kemudian diulangi sampai peniupan debu sebanyak tiga kali dan penyikatan lubang sebanyak dua kali.
  • Setelah dipastikan lubang bersih Kemudian masukan chemical HILTI HIT RE 500 V3 sebanyak 2/3 dari kedalaman lubang.
  • Kemuduan masukan besi rebar atau besi beton D13 dengan cara diputar dan ditekan secara perlahan.
  • Kemudian tunggu hingga chemical kering, setelah itu dapat diberikan beban.

Berikut adalah contoh pemasangan chemical anchor menggunakan Chemical HILTI HIT RE 500 V3 :

Pemasangan Anchor M12 Menggunakan Chemical HILTI HIT RE 500 V3
Pemasangan Anchor M12 Menggunakan Chemical HILTI HIT RE 500 V3

Gambar diatas adalah pemasangan chemical anchor M12 dengan menggunakan chemical HILTI HIT RE 500 V3 dimana anchor yang dipasang adalah Anchor M12 x 160 mm yang ditanamkan dalam beton sedalam 110 mm dan dipasang menggunakan Chemical HILTI HIT RE 500 V3. pemasangan chemical anchor M12 menggunakan Chemical hilti HIT RE 500 V3 selain bisa menahan beban yang berat serta mempunyai sensitivitas yang rendah terhadap lingkungan  Anchor yang  tertanam ke dalam beton sedalam 110 mm ini sudah bisa didapatkan kekuatan beban tarik sebesar 2 ton untuk beton tidak retak (Uncracked) dan beban tarik sebesar 1,6 ton pada beton retak (Cracked) sesuai dengan datasheet Kekuatan

Berikut adalah contoh pemasangan chemical anchor untuk besi rebar menggunakan Chemical HILTI HIT RE 500 V3 :

Pemasangan Besi Rebar D12 Menggunakan Chemical HILTI HIT RE 500 V3
Pemasangan Besi Rebar D12 Menggunakan Chemical HILTI HIT RE 500 V3

Gambar diatas adalah pemasangan chemical anchor untuk besi rebar D10 dengan kedalaman 100 mm menggunakan Chemical HILTI HIT RE 500 V3. Chemical HILTI HIT RE 500 V3 yang kami gunakan dalam pemasangan chemical anchor untuk besi rebar memiliki keunggulan yaitu dapat menahan beban dengan kapsitas yang tinggi, cocok untuk beton cracked dan uncracked, dan dapat digunakan untuk berbagai macam diameter. Besi Rebar D10 yang terpasang dengan kedalaman 100 mm menggunakan Chemical Hilti HIT RE 500 V3 kekuatan beban tarik didapatkan sebesar 1,9 ton.

Kami menerima jasa pemasangan Chemical Anchor berbagai ukuran mulai dari M8, m10, M12, M16, M20, M24 dan Besi Rebar berbagai ukuran mulai dari D8, D10 D12, D13, D16, D19, D22, D25 menggunakan Chemical HILTI HIT RE 500 V3. Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi 0813 8003 0515

 

Ramset Epcon G5

Chemical Ramset Epcon G5
Chemical Ramset Epcon G5

Epcon G5 merupakan salah satu Chemical produk dari Ramset itewe, chemical ini dapat diaplikasikan untuk pemasangan chemical anchor dan besi rebar, berikut adalah beberapa kelebihan dari Chemical Ramset Epcon G5 :

  • Sesuai untuk aplikasi beban tinggi, tahan getaran/seismic.
  • Fire rated performance FRP 4 jam
  • Waktu pembebanan (Cusirng Time) 2 jam
  • Dapat diaplikasikan dalam kondisi lembab, basah, bahkan di dalam air (tergenang)
  • Tidak berbau/aman unutk aplikasi dalam ruang (indoor)
  • Penyusutan minimum 0.00004 in./in.-ASTM D2566
  • Kekuatan tekan / compression ASTM D695 71 Mpa Min

Berikut adalah Cara Pemasangan Chemical Anchor Menggunakan Chemical Ramset Epcon G5 :

  • Bor lubang pada beton dengan diameter yang disesuaikan dengan anchor yang akan dipasang dan kedalamansesuai yang  yang dirokemendasikan
  • Bersihkan lubang dengan sikat dan pompa tangan minimal dua kali
  • Pasangkan nozzle pada cartridge. Keluarkan sejumlah bahan kimia hingga tercampur dengan baik. Injeksi mulai dari dasar lubang sampai lubang terisi 50%
  • Masukan Anchor dengan Gerakan memutar hingga menyentuh dasar lubang.
  • Biarkan EPCON G5 mengering dalam waktu yang telah ditentukan sebelum pembebanan.

Berikut adalah Cara Pemasangan Chemical Anchor untuk Besi Rebar Menggunakan Chemical Ramset Epcon G5 :

  • Lakukan pengeboran pada beton sesuai dengan kebutuhan besi rebar yang akan dipasangkan dan kedalaman yang sudah sesuai dengan standar penanaman besi rebar menggunakan chemical.
  • Bersihkan lubang dengan sikat dan pompa tangan minimal dua kal
  • Pasangkan nozzle pada cartridge. Keluarkan sejumlah bahan kimia hingga tercampur dengan baik. Injeksi mulai dari dasar lubang sampai lubang terisi 50
  • Masukan Besis Rebar  dengan Gerakan memutar hingga menyentuh dasar lubang
  • Biarkan EPCON G5 mengering dalam waktu yang telah ditentukan sebelum pembebanan 

Kami melayani jasa pemasangan Chemical Anchor berbagai ukuran mulai dari M8, m10, M12, M16, M20, M24 dan Besi Rebar berbagai ukuran mulai dari D8, D10 D12, D13, D16, D19, D22, D25 menggunakan Chemical Ramset Epcon G5 dengan kedalaman tertanam pada beton sesuai standar. Untuk infomasi lebih lanjut dapat menghubungi 0813 8003 0515

 

Chemical Fischer

Chemical Fischer merupakan chemical yang bisa digunakan dalam Pemasangan Chemical anchor dan Pemasangan chemical Anchor untuk besi rebar. Chemical fischer terdapat beberapa tipe sperti Fischer FIS EM 585 S dan Fischer 360 S. keduanya memiliki keunggulan daya lekat yang kuat, waktu pengeringan atau curing time yang cepat sehingga diperlukan kecepatan dan ketelitian dalam proses pemasangan chemical anchor atau pemasangan chemical anchor untuk besi rebar menggunakan chemical Fischer FIS EM 585 S dan Fischer 360 S agar tidak mongering dalam mixer. Selain itu harga chemical fischer juga cukup terjangkau

Pemasangan chemical Anchor dan Pemasangan Chemical Anchor Untuk Besi Rebar Menggunakan Chemical Fischer FIS EM 585 S  

Chemical Fischer FIS EM 585 S
Chemical Fischer FIS EM 585 S 

  • Melakukan pengeboran pada beton dengan kedalaman sesuai dengan diameter Anchor atau diameter besi rebar yang akan ditanamkan pada beton Membersihkan lubang hasil bor dengan menggunakan sikat
  • Melakukan blower atau pembersihan dengan pompa tangan agar debu di lubang menghilang
  • Masukan chemical Fischer FIS EM 585 S  sebanyak dua pertiga lubang penuh
  • Masukan Anchor atau Besi Rebar
  • Tunggu hingga kering sapai bisa dipasang beban.

Pemasangan Chemical Anchor dan Pemasangan Chemical Anchor Untuk Besi Rebar Menggunakan Chemical Fischer 360 S

Chemical Fischer 360 S
Chemical Fischer 360 S

  • Melakukan pengeboran pada beton dengan kedalaman sesuai dengan diameter Anchor atau diameter besi rebar yang akan ditanamkan pada beton
  • Membersihkan lubang hasil bor dengan menggunakan sikat
  • Melakukan blower atau pembersihan dengan pompa tangan agar debu di lubang menghilang
  • Masukan chemical Fischer Fischer 360 S sebanyak dua pertiga lubang penuh
  • Masukan Anchor atau Besi Rebar
  • Tunggu hingga kering sapai bisa dipasang beban.

Kami melayani jasa pemasangan Chemical  Anchor berbagai diameter dan Pemasangan Chemical Anchor untuk Besi Rebar berbagai diameter dengan menggunakan chemical Fischer FIS EM 585 S dan Fischer 360 S. kedalaman dan diameter sesuai dengan yang sudah direkomendasikan Chemical Fischer. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi 0813 8003 0515.

 

Chemical Mason MCA-PE3

Chemical Mason MCA-PE3
Chemical Mason MCA-PE3

Masson mempunyai Chemical MCA-PE3 dimana Chemical MCA-PE3 dapat digunakan untuk Pemasangan Chemical Anchor dan Pemasangan Chemical Anchor untuk Besi Rebar. Selain itu chemical Mason MCA-PE3 dapat digunakan dalam jarak yang dekat karena tekanan pada bahan dasar seluruh lubang sepenuhnya mengisi area antara anchor dan menjadikan tekanan yang rendak dan aplikasi kekuatan tinggi.

Eapoxy Chemical Mason MCA-PE3 adalah Resin dan pengeras, Pasta non -melentur, sensitivitas rendah terhadap kelembaban, berwarna abu- abu, Suhu defleksi panas (HDT) hingga  65 derajat celcius dan umur simpan chemical ini bisa sampai 24 bulan.

Dari segi kemasan Chemical Mason MCA-PE3 memiliki Katrid 650 ml sekali pakai yang kokoh dalam perbandingan epoksi dan pengeras 1:1 untuk pengeluaran yang benar. Desain nozzle pencampuran statis inovatif yang sepenuhnya mencampurkan kedua komponen epoksi untuk hasil maksimum. Terdapat label pada cartridge untuk  menampilkan tanggal kadaluwarsa, nama produsen klasifikasi bahaya, nomor batch, dan prosedur penanganan yang sesuai.

chemical mason MCA PE 3 adalah chemical yang memiliki keunggulan yaitu cocok untuk penanaman dangkal, tidak memiliki bau yang menyengat, memiliki sensitivitas yang rendah terhadap air jadi dapat diaplikasikan pada lubang basah dan bawah air.penyusutan dangat rendah, dan waktu pengeringan yang cepat

Pemasangan Chemical Anchor menggunakan Chemical Mason MCA-PE3 :

  • Lakukan pengeboran pada bton sesuai dengan diameter dan kedalaman tertanamnya anchor.
  • Lakukan pembersihan dengan sikat dan blower sehingga  tidak ada debu yang tersisa dari lubang.
  • Masukan chemical mason Mason MCA-PE3 dengan perlahan menggunakan injector, masukan sekitar 2/3 dari kedalaman lubang pengeboran.
  • Masukan anchor dengan cara memutar dan menekan secara perlahan hingga ujung anchor mengenai ujung lubang pengeboran.
  • Biarkan Mason MCA-PE3 mengering dan siap ditambahkan beban.

Pemasangan Chemical Anchor Untuk Besi Rebar menggunakan Chemical Mason MCA-PE3 :

  • Lakukan pengeboran pada bton sesuai dengan diameter dan kedalaman tertanamnya besi rebar / besi beton.
  • Lakukan pembersihan dengan sikat dan blower sehingga  tidak ada debu yang tersisa dari lubang.
  • Masukan chemical mason Mason MCA-PE3 dengan perlahan menggunakan injector, masukan sekitar 2/3 dari kedalaman lubang pengeboran.
  • Masukan besi rebar yang telah disiapkan dengan cara memutar dan menekan secara perlahan hingga ujung besi rebar mengenai ujung lubang pengeboran.
  • Biarkan Mason MCA-PE3 mengering dan siap ditambahkan beban.

Kami melayani jasa pemasangan Chemical Anchor dan pemasangan Chemical Anchor untuk Besi Rebar menggunakan Chemical Mason MCA-PE3 dengan berbagai diameter. Untuk anchor mulai dari diameter M8, M10, M12, M16, M20 dan M24. Untuk besi rebar mulai dari D8, D10, D12, D13, D16, D19, D22 dan D25. Untuk Informasi lebih lanjut bisa menghubungi 08138003 0515.


Baca Juga Harga Jasa Pemasangan Chemical Anchor


1 komentar:

  1. Mau tanya 1 tube lem ramset itu bisa jd berapa ya dengan lubang 26mm, dalam 10cm dan angkur M24? Terima kasih

    BalasHapus

Portofolio










Kontak

Whatsapp / Telepon:

+62 813-8003-0515 Klik Disini

Cari Disini