Minggu, 07 November 2021

Angkur Chemical


Angkur Chemical
Angkur Chemical
Angkur Chemical, mungkin kata ini sudah tidak asing di dengar bagi anda yang bergulat di dunia konstruksi. Angkur Chemical adalah sebuah komponan yang digunakan dalam metode pengangkuran ataumetode pengikatan antara angkur dan beton atau substrat lainnya.  Sebelum mengetahui apa itu angkur chemical ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu angkur ?

Angkur atau dalam Bahasa inggris Anchor adalah sebuah besi yang digunakan dalam konstruksi untuk menyambungkan  ataupun menahan beban yang berat ketika angkur cdipasangkan pada beton seperti pemasangan WF (Wide Flange), H-Beam, Kanopi dan lainnya. Angkur terdiri dari dua jenis yaitu angkur mekanikal dan angkur chemical.


Angkur mechanical :

Angkur mechanical adalah angkur yang dipasang pada beton dengan sistem kembang, angkur yang dipasangkan pada beton akan mengembang didalam beton sehingga menempel pada beton. Kekuatan angkur mekanikal hanya bergantung pada angkur itu sendiri.


Angkur chemical :

Angkur chemical adalah angkur yang dipasang dengan menggunakan bahan kimia yang disebut chemical, angkur yang dipasang menggunakan chemical akan melekat secara sempurna pada beton. Kekuatan dari angkur chemical didapatkan dari angkur itu sendiri dan chemical yang digunakan.

Dari kedua jenis angkur tersebut angkur chemical memiliki kekuatan yang lebih unggul karena melekat sempurna pada beton sehingga dapat menahan beban yang sangat berat.


Ukuran angkur chemical

Angkur chemical memiliki beberapa ukuran diameter yaitu ukuran diameter M8, M10, M12, M16, M20, M24, M30, M32 dan lainnya yang memiliki Panjang bervariasi, berikut adalah ukuran panjang standar angkur chemical berdasarkan diameter :

  • Angkur chemical M8

Angkur chemical dengan ukuran diameter M8 memiliki panjang total angkur yaitu 110 mm. angkur M8 ini dapat dipasang pada beton dengan system pengeboran dengan kedalaman lubang bor 80 mm dan dapat dipasang menggunakan chemical.

  • Angkur chemical M10

Angkur chemical dengan ukuran diameter M10 memiliki panjang total angkur yaitu 130 mm. angkur M10 ini dapat dipasang pada beton dengan system pengeboran dengan kedalaman lubang bor 90 mm dan dapat dipasang menggunakan chemical.

  • Angkur Chemical M12

Angkur chemical dengan ukuran diameter M12 memiliki panjang total angkur yaitu 160 mm. angkur M12 ini dapat dipasang pada beton dengan system pengeboran dengan kedalaman lubang bor 110 mm dan dapat dipasang menggunakan chemical.

  • Angkur chemical M16

Angkur chemical dengan ukuran diameter M16 memiliki panjang total angkur yaitu 190 mm. angkur M16 ini dapat dipasang pada beton dengan system pengeboran dengan kedalaman lubang bor 125 mm dan dapat dipasang menggunakan chemical.

  • Angkur Chemical M20

Angkur chemical dengan ukuran diameter M20 memiliki panjang total angkur yaitu 260 mm. angkur M20 ini dapat dipasang pada beton dengan sistem pengeboran dengan kedalaman lubang bor 170 mm dan dapat dipasang menggunakan chemical.

  • Angkur Chemical M24

Angkur chemical dengan ukuran diameter M24 memiliki panjang total angkur yaitu 300 mm. angkur M24 ini dapat dipasang pada beton dengan system pengeboran dengan kedalaman lubang bor 210 mm dan dapat dipasang menggunakan chemical.

  • Angkur Chemical M30

Angkur chemical dengan ukuran diameter M30 memiliki panjang total angkur yaitu 380 mm. angkur M30 ini dapat dipasang pada beton dengan system pengeboran dengan kedalaman lubang bor 270 mm dan dapat dipasang menggunakan chemical.

Selain tersedia dalam berbagai ukuran, angkur chemical juga tersedia dalam berbagai merk yang sudah banyak digunakan dalam proyek konstruksi di indonesia.

 

Metode pemasangan angkur chemical

Metode pemasangan angkur chemical atau disebut chemical anchor adalah proses pemasangan angkur pada beton dengan menggunakan chemical atau bahan kimia perekat. Ada banyak chemical yang dapat digunakan dalam metode chemical anchor diantaranya chemical merk Hilti, Fischer, Mason dan Ramset. Setiap merk chemical memiliki keunggulan tersendiri dari segi kekuatan, volume, fitur dan harga. Pemasangan angkur chemical daa\pat digunakan untuk pemasangan Wide Flange (WF), H-Beam, Pelat Baja, Kanopi, dan benda sejenis lainnya yang dimaksudkan untuk menahan beban.

Adapun dalam pembahasan kali ini akan dijelaskan bagaimana pemasangan angkur chemical pada beton dengan menggunakan chemical Hilti. Angkur yang dipasang adalah angkur chemical dengan diameter M16 yang memiliki Panjang total 190 mm menggunakan chemical Hilti HIT RE 500 V3. Chemical Hilti HIT RE 500 V3 adalah salah satu chemical produksi Hilti yang memiliki daya lekat tinggi dan mampu memberikan kekuatan dalam menahan beban yang berat, selain itu penggunaannya pun mudah, dapat digunakan pada berbagai diameter lubang.


Adapun cara pemasangan angkur chemical menggunakan chemical Hilti HIT RE 500 V3 adalah sebagai berikut :

  1. Lakukan marking atau penanda pada beton guna mengetahui titik mana saja yang akan di bor.
  2. Lakukan pengeboran dengan diameter mata bor yang disesuaikan dengan diameter angkur chemical
  3. Setelah melakukan pengeboran lalu bersihkan lubang hasil pengeboran agar bersih dari debu dengan cara menyikat menggunakan sikat beton dan diikuti dengan peniupan udara sehingga lubang hasil pengeboran menjadi bersih.
  4. Injeksikan chemical Hilti HIT RE 500 V3 pada lubang yang telah dibersihkan.
  5. Masukan angkur chemical pada lubang yang sudah diisi dengan chemical dengan cara diputar searah jarum jam sambal ditekan secara perlahan hingga angkur chemical menyentuh dasar lubang pengeboran.
  6. Tunggu hingga chemical kering
  7. Setelah kering baru bisa dilakukan pembebanan.

"Untuk melihat video proses pemasangan angkur chemical anda dapat klik disini"

Metode chemical anchor ini menjadi solusi ditengah banyaknya pembangunan di Indonesia, selain kekuatannya yang bagus dalam menahan beban harganya pun cukup terjangkau. Kami Chemical Anchor Indonesia menyediakan layanan jasa pasang angkur chemical berbagai diameter menggunakan chemical Hilti HIT RE 100 dan Hilti HIT RE 500 V3.

Kami menyediakan layanan jasa pasang angkur chemical yang berkualitas dan terjangkau, dengan sumber daya manusia yang sudah sangat terampil dalam jasa pemasangan angkur chemical di berbagai kota di wilayah Indonesia. Didukung oleh peralatan terbarukan yang dapat menunjang pekerjaan sehingga menjadikan pekerjaan lebih cepat dan tepat sehingga hasilnya akan memuaskan.


Untuk informasi jasa pasang angkur chemical berbagai diameter mulai dari M8, M10, M12, M16, M20, M24 dan M30 menggunakan chemical Hilti HIT RE 100 dan Hilti HIT RE 500 V3 dapat mneghubungi 08138003 0515

0 Comments:

Posting Komentar

Portofolio










Kontak

Whatsapp / Telepon:

+62 813-8003-0515 Klik Disini

Cari Disini